Kamis, 14 Oktober 2010

TUGAS PERTEKOM

Nama : Deden Rudianto
NIM : 09220025
Kelas : IKOM-A

MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN

A. Pengertian  Multimedia  Pembelajaran
Multimedia  adalah  media  yang  menggabungkan  dua  unsur  atau  lebih  media  yang  terdiri  dari  teks,  grafis,  gambar,  foto,  audio,  video dan  animasi  secara  terintegrasi.  Multimedia  terbagi  menjadi  dua  kategori,  yaitu:  multimedia  linier dan multimedia  interaktif.
Multimedia  linier  adalah  suatu  multimedia  yang  tidak  dilengkapi  dengan  alat  pengontrol  apapun  yang  dapat  dioperasikan  oleh  penguna.  Multimedia  ini  berjalan  sekuensial  (berurutan),  contohnya:  TV  dan  film.
Multimedia  interaktif  adalah  suatu  multimedia  yang  dilengkapi  dengan  alat  pengontrol  yang  dapat  dioperasikan  oleh  pengguna,  sehingga  pengguna  dapat  memilih  apa  yang  dikehendaki  untuk  proses  selanjutnya.  Contoh  multimedia  interaktif  adalah:  multimedia  pembelajaran  interaktif,  aplikasi  game,  dll.
Sedangkan  pembelajaran  diartikan  sebagai  proses  penciptaan  lingkungan  yang  memungkinkan  terjadinya  proses  belajar.  Jadi  dalam  pembelajaran  yang  utama  adalah  bagaimana  siswa  belajar.  Belajar  dalam  pengertian  aktifitas  mental  siswa  dalam  berinteraksi  dengan  lingkungan  yang  menghasilkan  perubahan  perilaku  yangbersifat  relatif  konstan.  Dengan  demikian  aspek  yang  menjadi  penting  dalam  aktifitas  belajar  adalah  lingkungan.  Bagaimana  lingkungan  ini  diciptakan  dengan  menata  unsurunsurnya  sehingga  dapat  mengubah  perilaku  siswa.  Dari  uraian  di  atas,  apabila  kedua  konsep  tersebut  kita  gabungkan  maka  multimedia  pembelajaran  dapat  diartikan  sebagai  aplikasi  multimedia  yang  dignakan  dalam  proses  pembelajran,  dengan  kata  lain  untuk  menyalurkan  pesan  (pengetahuan,  keterampilan  dan  sikap)  serta  dapat  merangsang  piliran,  perasaan,  perhatian  dan  kemauan  yang  belajar  sehingga  secara  sengaja  proses  belajar  terjadi,  bertujuan  dan  terkendali.




B. Manfaat  Multimedia  Pembelajaran
Secara  umum  manfaat  yang  dapat  diperoleh  adalah  proses  pembelajaran  lebih  menarik,  lebih  interaktif,  jumlah  waktu  mengajar  dapat  dikurangi,  kualitas  belajar  siswa  dapat  ditingkatkan  dan  prises  belajar  mengajar  dapat  dilakukan  di  mana  dan  kapan  saja,  serta  sikap  belajar  siswa  dapat  ditingkatkan.
Manfaat  di  atas  akan  diperoleh  mengingat  terdapat  keunggulan  dari  sebuah  multimedia  pembelajaran,  yaitu:
1. Memperbesar  benda  yang  sangat  kecil  dan  tidak  tampak  oleh  mata,  seperti kuman,  bakteri,  elektron  dll.
2. Memperkecil  benda  yang  sangat  besar  yang  tidak  mungkin  dihadirkan  ke sekolah,  seperti  gajah,  rumah,  gunung,  dll.
3. Menyajikan  benda  atau  peristiwa  yang  kompleks,  rumit  dan  berlangsung  cepat atau  lambat,  seperti  sistem  tubuh  manusia,  bekerjanya  suatu   mesin, beredarnya  planet  Mars,  berkembangnya  bunga  dll.
4. Menyajikan  benda  atau  peristiwa  yang  jauh,  seperti  bulan,  bintang,  salju,  dll.
5. Menyajikan  benda  atau  peristiwa  yang  berbahaya,  seperti  letusan  gunung berapi,  harimau,  racun,  dll.
6. Meningkatkan  daya  tarik  dan  perhatian  siswa.      

C. Karakteristik  Media  dalam  Multimedia  Pembelajaran
Sebagai  salah  satu  komponen  sistem  pembelajaran,  pemilihan  dan  penggunaan  multimedia  pembelajaran  harus  memperhatikan  karakteristik  komponen  lain,  seperti:  tujuan,  materi,  strategi  dan  juga  evaluasi  pembelajaran.
Karakteristik  multimedia  pembelajaran  adalah:
1. Memiliki  lebih  dari  satu  media  yang  konvergen, misalnya  menggabungkan unsur  audio dan  visual.
2. Bersifat  interaktif,  dalam  pengertian  memiliki  kemampuan  untuk mengakomodasi  respon  pengguna.
3. Bersifat  mandiri,  dalam  pengertian  memberi  kemudahan  dan  kelengkapan  isi sedemikian  rupa  sehingga  pengguna  bisa  menggunakan  tanpa  bimbingan  oran lain.
Selain  memenuhi  ketiga  karakteristik  tersebut,  multimedia  pembelajaran  sebaiknya memenuhi  fungsi  sebagai  berikut:
1. Mampu  memperkuat  respon  pengguna  secepatnya  dan  sesering  mungkin.
2. Mampu  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  mengontrol  laju kecepatan  belajarnya  sendiri.
3. Memperhatikan  bahwa  siswa  mengikuti  suatu  urutan  yang  koheren  dan terkendalikan.
4. Mampu  memberikan  kesempatan  adanya  partisipasi  dari  pengguna  dalam bentuk  respon,  baik  berupa  jawaban,  pemilihan,  keputusan,  percobaan  dan lain-lain.

D. Format  Multimedia  Pembelajaran
Format  sajian  multimedia  pembelajaran  dapat  dikategorikan  ke  dalam  lima  kelompok  sebagai  berikut:
1. Tutorial
Format  sajian  ini  merupakan  multimedia  pembelajaran  yang  dalam  penyampaian  materinya  dilakukan  secara  tutorial,  sebagaimana  layaknya  tutorial  yang  dilakukan  oleh  guru  atau  instruktur.  Informasi  yang  berisi  suatu  konsep  disajikan  dengan  teks,  gambar,  baik  diam  atau  bergerak  dan  grafik.  Pada  saat  yang  tepat,  yaitu  ketika  dianggap  bahwa  pengguna  telah  membaca,  menginterpretasikan   dan  menyerap  konsep  itu,  diajukan  serangkaian  pertanyaan  atau  tugas.  Jika  jawaban  atau  respon  pengguna  benar,  kemudian  dilanjutkan  dengan  materi  berikutnya.  Jika  jawaban  atau  respon  pengguna  salah,  maka  pengguna  harus  mengulang  memahami  konsep  tersebut  secara  keseluruhan  ataupun  pada  bagianbagian  tertentu  saja  (remedial). Kemudian  pada  bahagian  akhir  biasanya  akan  diberikan  serangkaian  pertanyaaan  yang  merupakan  tes  untuk  mengukur  tingkat  pemahamn  pengguna  atas  konsep  atau  materi  yang  disampaikan.

2. Drill dan  Practise
Format  ini  dimaksudkan  untuk  melatih  pegguna  sehingga  memiliki  kemahiran  dalam  suatu  keterampilan  atau  memperkuat  penguasaan  sutu  konsep.  Program  menyediakan  serangkaian  soal  atau  pertanyaan  yang  biasanya  ditampilkan  secara  acak,  sehingga  setiap  kali  digunakan  makan  soal  atau  pertanyaan  yang  tampil  selalu  berbeda,  atau  paling  tidak  dalam  kombinasi  yang  berbeda.
Program  ini  dilengkapi  dengan  jawaban  yang  benar,  lengkap  dengan  penjelasannya  sehingga  diharapkan  pengguna  akan  bisa  pula  memahami  suatu  konsep  tertentu.  Pada  bahagian  akhir,  pengguna  bisa  melihat  skor  akhir  yang  dia  capai,  sebagai  indikator  untuk  mengukur  tingkat  keberhasilan  dalam  memecahkan  soalsoal  yang  diajukan.

3. Simulasi
Multimedia  pembelajaran  dengan  format  ini  mencoba  menyamai  proses  dinamis  yang  terjadi  di  dunia  nyata,  misalnya  untuk  mensimulasikan  pesawat  terbang,  di  mana  pengguna  seolaholah  melakukan  aktifitas  menerbangkan  pesawat  terbang,  menjalankan  usaha  kecil,  atau  pengendalian  pembangkit  listrik  tenaga  nuklir  dan  lainlain.  Pada  dasarnya  format  ini  mencoba  memberikan  pengalaman  masalah  dunia  nyata  yang  biasanya  berhubungan  dengan  suatu  resiko,  seperti  pesawat  yang  akan  jatuh  atau  menabrak,  peusahaan  akan  bangkrut,  atau  terjadi  malapetaka  nuklir.

4. Percobaan  atau  Eksperimen
Format  ini  mirip  dengan  format  simulasi,  namjun  lebih  ditujukan  pada  kegiatan-kegiatan  yang  bersifat  eksperimen,  seperti  kegiatan  praktikum  di  laboratorium  IPA,  biologi  atau  kimia.  Program  menyediakan  serangkaian  peralatan  dan  bahan,  kemudian  pengguna  bisa  melakukan  percobaan  atau  eksperimen  sesuai  petunjuk  dan  kemudian  mengembangkan  eksperimen- eksperimen  lain  berdasarkan  petunjuk  tersebut.  dapat  menjelaskan  suatu  konsep  atau  fenomena  tertentu  berdasarkan  eksperimen  yang  mereka  lakukan  secara  maya  tersebut.

5. Permainan
Tentu  saja  bentuk  permainan  yang  disajikan  di  sini  tetap  mengacu  pada  proses  pembelajaran  dan  dengan  program  multimedia  berforat  ini  diharapkan  terjadi  aktifitas  belajar  sambil  bermain.  Dengan  demikian  pengguna  tidak  merasa  bahwa  mereka  sesungguhnya  sedang  belajar.

Media interaktif berupa presentasi multimedia paling sering terlihat dalam kegiatan pameran. Umumnya, multimedia disajikan secara linear dan dibiarkan berputar terus hingga loop kembali ke awal presentasi. Bentuk seperti ini umumnya disajikan dalam format video (DVD). Meski biasanya dilengkapi dengan suara dan musik yang menarik perhatian, format ini memiliki tingkat interaktifitas yang rendah dengan konsumennya. Konsumen hanya bisa menerima pasif, tak jauh berbeda dengan kegiatan menonton TV sehari-hari di rumah.
Media interaktif sesungguhnya muncul saat konsumen bisa melakukan tindakan aktif dengan media yang disajikan. Semakin banyak elemen yang bisa diinteraksikan dengan konsumen, maka semakin banyak pengalaman yang dirasakan konsumen melalui media tersebut. Bila pengalaman yang dirasakan itu bisa direlasikan dengan tema kampanye brand, konsumen akan semakin banyak pula merasakan pengalaman interaktif dengan brand tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar